Matabatin6869’s Blog

MEDIA MISTIK DAN BUDAYA

WALI SONGO

Umat islam indonesia memang khas.selalu mencari-cari tokoh panutan.tetapi, sering lupa pada tokoh yang paling layak menjadi panutan: Nabi Muhammad.Pada diri walisongo pun, sebetulnya amat banyak keteladanan yang layak di ikuti. tetapi sebagian dari kita justru menjadikan mereka sebagai tokoh dongeng.

SEBAGIAN dari kita menganggap mereka adalah tokoh-tokoh yang luar biasa. Saking luar biasannya sampai -sampai tak mungkin diteladani.kita juga sampai pada tahap pemikiran bahwa para wali itu masih mampu menyelesaikan persoalan kita. jauh setelah mereka meninggal.padahal yang semestinya terjadi adalah, menyelesaikan dengan cara meniru cara penyelesaian mereka. bukan dengan cara mendatangi merekauntuk meminta berkah, hingga tuntas masalah rezeki , utang piutang, jodoh, dan persoalan bangsa

Buktinya makam mereka penuh dengan para peziarah, menjelang masuk bulan ramadhan dan selama ramadhan.gelombang pziarah semakin banyak, seolah tak terputus sepanjang siang dan malam,dua puluh empat jam. bahkan ada yang menganggap ziarah ke makam para wali selama bula ramadhan ritual ziarah yang harus ditunaikan

Islam sendiri tidak melarang ziarah kubur, sebab dengan itu kita senantiasa ingat akhirat. Ingat suatu saat kita juga akan mati.Namun berziarah ke Makam orang-orang saleh seperti para wali ini memang rawan untuk akidah.Sebab bisa mengundang orang untuk berbuat syirik atau menyekutukan ALLAH SWT. Ini bisa kita buktikan dengan melihat ulah para peziarah dimakam para wali.

Nabi Muhhamad sendiri pernah melarang umatnya melakukan ziarah kubur. Larangann itu berlaku saat umatnya belum mantap. Namun kemudian beliau mengijinkan setelah dinilianya umatnya tidak mudah di timpa syirik. Rasulallah berkata ” ( semula ) aku melarangmu ziarah kubur tetapi sekarang ziarahlah” ( HR. Muslim )

Agustus 28, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: